Jurnal
Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Kecerdasan Emosional Remaja Di SMK “X” Bandung
Masa remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa. Pada masa ini teman sebaya masih memiliki peran yang penting, namun individu sudah lebih mampu mengarahkan diri sendiri. Selain itu remaja memiliki ketidakstabilan emosi yang menunjukkan remaja belum mampu mengendalikan emosinya. Kecerdasan emosional yang terarah pada remaja dapat membantunya mengendalikan emosi yang kadang meledak-ledak bahkan sulit dikendalikan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasi dengan desain Cross Sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan peran teman sebaya dengan kecerdasan emosional di SMK “X” Bandung. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMK “X” Bandung. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa, dengan teknik pengambilan sampel dengan stratified random sampling. Analisa hubungan variabel dilakukan melalui uji Rank Spearman. Hasil penelitian di SMK “X” Bandung menunjukan didapatkan p Value 0,028 < alpha (0.05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran teman sebaya dengan kecerdasan emosional remaja pada siswa-siswi di SMK “X” Bandung. Disarankan pihak sekolah bekerja sama dengan perawat komunitas untuk meningkatkan kecerdasan emosional remaja dengan membuat penyuluhan kesehatan dan pembinaan lingkungan.
No copy data
No other version available