Jurnal
Gambaran Kesiapan Dosen 2 Program Studi (S1 Ilmu Keperawatan dan DIII Kebidanan) dalam Implementasi IPE (InterProfessional Education) di STIKes Duta Gama Klaten Jawa Tengah
Pelayanan kualitas kesehatan menjadi permintaan di era global. Kualitas pelayanan kesehatan dapat dicapai melalui praktek kolaborasi. Praktek kolaborasi dapat di implementasikan sejak dini melalui interprofessional education (IPE). Untuk itu dosen sebagai tenaga pendidik harus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan profesi kedepan. Penerapan Interprofesional education (IPE) merupakan salah satu jawaban dari tantangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapan dosen terhadap implementasi IPE di STIKES Duta Gama Klaten. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah semua dosen di STIKES Duta Gama Klaten yang terdiri dari program studi keperawatan dan kebidanan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen Readiness Interprofessional Learning Scale (RIPLS) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesiapan dosen STIKES Duta Gama Klaten terhadap implementasi IPE yang berada pada kategori sedang sebanyak 66,7 persen dan tinggi sebanyak 33,3 persen untuk dosen keperawatan. Sedangkan untuk dosen program studi kebidanan didapatkan kesiapan dalam implementasi IPE sebesar 100 persen dengan kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas dosen STIKES Duta Gama Klaten menunjukkan kesiapan pada kategori sedang. Artinya, para dosen mempunyai kesiapan yang baik dalam implementasi IPE di STIKES Duta Gama Klaten.
No copy data
No other version available