Jurnal
Analisa Tipe Kepribadian Mahasiswa Baru T.A 2012/2013 Prodi S1 STIKep PPNI Jawa Barat Menggunakan Myers-Briggs Types Indicator (MBTI) dalam Kaitannya dengan Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menggunakan metode pembelajaran Student Center Learning (SCL). Pendidikan keperawatan sedang berbenah untuk mengaplikasikan kurikulum tersebut. SCL ini menekankan mahasiswa agar siap menghadapi proses pembelajaran yang bercirikan mahasiswa belajar baik sebagai individu maupun kelompok dengan mencari dan menggali informasi sendiri secara aktif. Padahal setiap mahasiswa mempunyai aspek keterampilan dan kepribadian yang berbeda untuk menghadapinya. Salah satu alat ukur tipe kepribadian yang akurat dan mudah digunakan adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Alat ukur ini menggolongkan tipe kepribadian individu menjadi 16 tipe. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Dengan sampel seluruh mahasiswa baru Prodi S1 yang sudah dinyatakan lulus dan diterima di STIKep PPNI Jawa Barat pada T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian mahasiswa untuk menghadapi KBK. Hasil penelitian menujukkan Dimensi kecenderungan kelas A adalah Ekstovert (E) 79.1 persen, Introvert (I) 20.9 persen, Sensing (S) 79.1 persen, Intuition (N) 20.9 persen Thinking (T) 39.5 persen, Feeling (F) 60.5 persen, Judging (J) 65.1 persen, dan Perceiving (P) 34.9 persen. Dimensi kecenderungan kelas B adalah Ekstovert (E) 73.8 persen, Introvert (I) 26.2 persen, Sensing (S) 78.6 persen, Intuition (N) 21.4 persen, Thinking (T) 59.5 persen, Feeling (F) 40.5 persen, Judging (J) 61.9 persen dan Perceiving (P) 38.1 persen. Diharapkan hasil tersebut dapat digunakan dalam proses bimbingan akademik dan pemantauan hasil indeks prestasi mahasiswa.
No copy data
No other version available